HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengawasan Daerah pada Pengadilan Negeri Yogyakarta oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta

on Rabu, 08 Mei 2024. Posted in Berita Terkini

Pengawasan Daerah pada Pengadilan Negeri Yogyakarta oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta

Rabu, 08 Mei 2024, sesuai surat Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta nomor W13-U/49/ST/KPT/V/2024 tanggal  02 Mei 2024 telah dilaksanakan Kegiatan Pengawasan Daerah pada Pengadilan Negeri Yogyakarta. Kegiatan pelaksanaan Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta dilaksanakan selama 2 hari pada tanggal 07-08 Mei 2024. Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. didampingi Wakil Ketua Pengadilan, Panitera dan Sekretaris menerima Tim Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta yang dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Dr. Ifa Sudewi, S.H., M.Hum. didampingi  anggota tim yang terdiri dari Hakim Tinggi, Panitera, Sekretaris dan staf. Kegiatan pembukaan Pelaksanaan Pengawasan Daerah oleh Pengadilan Tinggi Yogyakarta dilaksanakan di Ruang Aula/Sidang Utama Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam pembukaan pengawasan daerah dihadapan seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Dr. Ifa Sudewi, S.H., M.Hum. juga menyampaikan Sosialisasi PERMA no 2 Tahun 2022 tentang Tata Cara Penyelesaian Keberatan Pihak Ketiga yang Beriktikad Baik terhadap Putusan Perampasan Barang Bukan Kepunyaan Terdakwa dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi.

Kegiatan pengawasan oleh Tim Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta untuk memastikan terkait pelaksanaan manajemen peradilan, administrasi perkara, administrasi persidangan dan administrasi umum pada Pengadilan Negeri Yogyakarta telah sesuai standar Program Sertifikasi Mutu Pengadilan Unggul dan Tangguh (AMPUH) Badan Peradilan Umum. Kegiatan pengawasan selain dilaksanakan di ruang Command Center Pengadilan Negeri Yogyakarta dengan memanggil bagian-bagian kepaniteraan terkait dan Tim Pengawasan berkeliling ke bagian-bagian baik Kepaniteraan maupun Kesekretariatan. Pada pengawasan di hari kedua, Tim Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta juga meninjau Kantor Pengadilan Tipikor/PHI Yogyakarta yang terletak di Jalan Soepomo. Setelah pengawasan oleh Tim Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta selama dua hari telah dirasa cukup, pada pukul 14.00 WIB bertempat di Ruang Aula/Sidang Utama Pengadilan Negeri Yogyakarta dengan dihadiri oleh Seluruh Hakim dan Aparatur Pengadilan Negeri Yogyakarta dilaksanakan acara Penutupan Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta di Pengadilan Negeri Yogyakarta. Dalam penutupan Tim Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta menyampaikan hasil pengawasan yang telah dilakukan selama dua hari di Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Seluruh hasil temuan pengawasan yang disampaikan baik Bagian Kepaniteraan dan Kesekretariatan nantinya akan diberikan waktu untuk menyelesaikan atau menindaklanjuti dan melaporkan hasil tindak lanjut tersebut ke Pengadilan Tinggi Yogyakarta. Merespon hasil temuan oleh Tim Pengawas Daerah, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Sri Harsiwi, S.H., M.H. mewakili Ketua Pengadilan merespon dan mengucapkan terima kasih atas temuan dan masukan yang disampaikan. Karena hal tersebut menjadi bentuk korektif (perbaikan) di Pengadilan Negeri Yogyakarta dan berjanji akan segera menindaklanjuti serta melaporkan hasil tindak lanjut perbaikan ke Pengadilan Tinggi Yogyakarta sebelum batas waktu yang telah ditentukan. Kegiatan Penutupan Pengawasan Daerah Pengadilan Tinggi Yogyakarta di Pengadilan Negeri Yogyakarta diakhiri dengan penyerahan secara simbolis Laporan Hasil Temuan Pengawasan yang diserahkan oleh Tim Pengawas Daerah kepada Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta dan dilanjutkan dengan dokumentasi foto bersama.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Pagelaran Budaya Pertunjukan Wayang Kulit

on Sabtu, 04 Mei 2024. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Menghadiri Pagelaran Budaya Pertunjukan Wayang Kulit

Sabtu, 04 Mei 2024, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H., bersama Wakil Ketua Pengadilan, beberapa Hakim dan pegawai hadir dalam kegiatan pagelaran budaya pertunjukan wayang kulit dengan lakon “Bimo Suci”. Kegiatan Pagelaran Wayang Kulit yang diselenggarakan di Semin, Wonosari menampilkan 3 dalang yaitu Ki Dr. H. Yanto SK, S.H., M.H. (Hakim Agung Mahkamah Agung RI), Ki Sri Kuncoro (Brimob) dan Ki MPP Bayu Aji Pamungkas. Kegiatan tasyakuran berupa Pagelaran Wayang Kulit sebagai wujud rasa syukur atas pelantikan 7 orang Hakim Agung Mahkamah Agung RI. Hadir menyaksikan pagelaran Wayang Kulit secara langsung, YM Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H., YM Wakil Ketua Mahkamah Agung RI bidang Yudisial, Dr. H. Sunarto, S.H., M.H., beberapa YM Hakim Agung Mahkamah Agung RI, para Pejabat Mahkamah Agung RI, para YM Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan para YM Ketua/Kepala Pengadilan Tingkat Pertama serta tamu undangan dan masyarakat sekitar. 

Sebelum acara pagelaran wayang kulit dimulai dilaksanakan penyerahan secara simbolis wayang kulit oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI kepada ketiga dalang sebagai tanda pertunjukan Wayang Kulit dimulai dan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada oleh Ki Dr. H. Yanto SK, S.H., M.H. (Hakim Agung Mahkamah Agung RI) kepada YM Ketua Mahkamah Agung RI, YM Wakil Ketua Mahkamah Agung RI dan YM Hakim Agung Mahkamah Agung RI. Kegiatan Pagelaran budaya pertunjukan wayang kulit dengan lakon “Bimo Suci” berlangsung meriah dengan ditandai antusiasme penonton dan banyaknya warga masyarakat sekitar yang hadir untuk menyaksikan.