HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Sosialisasi Nasional Pengajuan Upaya Hukum Kasasi/PK secara Elektronik

on Jumat, 26 April 2024. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Sosialisasi Nasional Pengajuan Upaya Hukum Kasasi/PK secara Elektronik

Jumat, 26 April 2024, pukul 14.00 WIB sesuai surat undangan Panitera Mahkamah Agung RI nomor 716/PAN/PP.01.3/IV/2024 tanggal 23 April 2023, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Tuty Budhi Utami, S.H., M.H. didampingi Panitera, Sekretaris, Panitera Muda dan Admin SIPP mengikuti kegiatan Sosialisasi Nasional Pengajuan Upaya Hukum Kasasi/PK secara Elektronik. Kegiatan sosialisasi yang diikuti seluruh  Pengadilan Tingkat Banding dan Tingkat Pertama di empat lingkungan peradilan secara daring melalui Zoom Meeting dibuka dengan penyampaian laporan oleh Panitera Mahkamah Agung RI, Dr. Heru Pramono, S.H., M.Hum. Selanjutnya dalam sambutan dan arahan YM Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. menyampaikan bahwa proses Pengajuan Upaya Hukum Kasasi/PK secara Elektronik dapat segera direalisasikan setelah 2 tahun penantian sejak PERMA Nomor 6 Tahun 2022 tentang Administrasi Pengajuan Upaya Hukum dan Persidangan Kasasi dan Peninjauan Kembali di Mahkamah Agung secara elektronik diberlakukan. Dengan Pengajuan Upaya Hukum Kasasi/PK secara Elektronik diharapkan dapat mempercepat waktu penanganan upaya hukum tanpa harus menunggu berkas fisik diterima.

Kemudian pada kegiatan sosialisasi, YM Ketua Mahkamah Agung RI juga merilis aplikasi (Sistem Informasi Administrasi Perkara) SIAP-Terintegrasi versi terbaru yang merupakan aplikasi case management sistem berbasis work flow untuk penanganan perkara pada Mahkamah Agung RI. Dalam kegiatan sosialisasi, Kepaniteraan dan Tim Pengembang Sistem Informatika Biro Hukum dan Humas Mahkamah Agung RI menjelaskan bisnis proses upaya hukum kasasi/PK dan tata cara pengajuan upaya hukum Kasasi/PK secara Elektronik melalui SIPP versi 5.5.0.

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Seminar Internasional Memperingati Hari Perempuan Internasional

on Jumat, 26 April 2024. Posted in Berita Terkini

Pengadilan Negeri Yogyakarta Mengikuti Seminar Internasional Memperingati Hari Perempuan Internasional

Jumat, 26 April 2024, pukul 08.00 WIB, bertempat di Ruang Command Center, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Sri Harsiwi, S.H., M.H. bersama para Hakim Perempuan Pengadilan Negeri Yogyakarta mengikuti kegiatan Seminar internasional dengan tema “Peningkatan Kepemimpinan Hakim Perempuan Menuju Badan Peradilan yang Agung” secara daring. Kegiatan seminar diselenggarakan oleh Badan Perhimpunan Hakim Perempuan Indonesia Ikatan Hakim Indonesia dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional (8 Maret), Hari Hakim Perempuan Internasional (10 Maret) dan Hari Kartini (21 April) tahun 2024. Seminar internasional yang oleh seluruh satuan kerja pada empat lingkungan peradilan Mahkamah Agung dan dibuka secara langsung oleh YM Ketua Mahkamah Agung RI, Prof. Dr. H. Muhammad Syarifuddin, S.H., M.H. yang secara simbolis ditandai dengan pemukulan gong. Kegiatan seminar internasional diisi dengan penyampaian serta pemaparan materi oleh para narasumber berkaitan dengan tema yang diusung “Peningkatan Kepemimpinan Hakim Perempuan Menuju Badan Peradilan yang Agung” dan dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab.