HTML5 Powered with CSS3 / Styling, and SemanticsLevel Double-A conformance, 
          W3C WAI Web Content Accessibility Guidelines 2.0

Berita / Pengumuman Terkini

Blog PN Yogyakarta

Di halaman ini merupakan berita, pengumuman, relaas serta kegiatan terbaru seputar Pengadilan Negeri Yogyakarta

Articles in Category: Berita Terkini

Pemeriksaan Dokumen Pemeriksaan dan Bukti Fisik oleh BPK RI kepada Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Jumat, 26 Februari 2021. Posted in Berita Terkini

Pemeriksaan Dokumen Pemeriksaan dan Bukti Fisik oleh BPK RI kepada Pengadilan Negeri Yogyakarta

Yogyakarta, Sehubungan dengan surat Sekretaris Mahkamah Agung RI nomor 144/SEK/KU.00/01/2021 tanggal 21 Januari 2021 perihal Pemberitahuan Pemeriksaan dan Permintaan Dokumen maka kepada seluruh satuan kerja diminta  untuk segera menyiapkan dan memenuhi permintaan dokumen dalam bentuk softfile untuk kelancaran permeriksaan yang dimaksud pada surat Ketua Tim Pemeriksa BPK RI nomor 01/LK-MA/01/2021 yang mana dokumen tersebut di upload melalui  Google Drive.

Pada Hari Jumat, 26 Februari 2021 pukul 10.00 WIB Tim Pemeriksa BPK RI mengunjungi Pengadilan Negeri Yogyakarta demi pengecekan fisik langsung terhadap dokumen-dokumen yang diminta dan sudah di unggah melalui Google Drive sesuai dengan Surat Tugas Anggota III Badan Pemeriksa Keuangan Nomor 26/ST/V-XVI.1/01/2021 tanggal 15 Januari 2021. Pada saat itu tim pemeriksa datang 4 (empat) orang dan kegiatan pemeriksaan dilakukan di ruang Rapat Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Kegiatan dibuka oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta , Dr. Frida Ariyani, S.H.,M.Hum. didampingi oleh Sekretaris Pengadilan Negeri Yogyakarta, Widodo Budi Santoso, S.H. Pada pembukaannya, Ketua Pengadilan memberi sambutan dan memperkenalkan diri kepada tim BPK . Setelah memberi sambutan dan perkenalan, tim BPK juga menyambut baik dan juga memperkenalkan diri serta menyampaikan maksud dan tujuan Kunjungan mereka ke Pengadilan Negeri Yogyakarta.

Pada penyampaiannya, tim BPK mengatakan bahwa mereka perlu mengecek bukti fisik dan penijauan Kembali secara langsung ke satker tujuan guna mencocokan data yang sudah di unggah sebelumnya melalui Google Drive. Tim BPK juga menyampaikan bahwa dari Pengadilan Negeri Yogyakarta tidak perlu takut, anggaplah kunjungan ini sebagai pembelajaran dan ajang konsultasi sekaligus menjalin tali silaturahmi antara BPK dengan Mahkamah Agung, khususnya satker yang dituju.

Tak lama setelah pengenalan dan penyampaian tersebut, Ketua dan Sekrataris Pengadilan Negeri Yogyakarta menyampaikan rasa terima kasih atas kunjungan dan kesempatan yang diberikan. Ketua dan Sekretaris Pengadilan Negeri Yogyakarta berharap dengan adanya kunjugan ini menjadi pengalaman yang baik dan penting bagi Pengadilan Negeri Yogyakarta serta mendapat Ilmu yang bermanfaat bagi Pengadilan Negeri Yogyakarta. Setelah itu Ketua Pengadilan mohon diri untuk meninggalkan ruangan dan kegiatan dilanjutkan dengan Sekretaris serta tim Keuangan Pengadilan Negeri Yogyakarta .

Kunjungan Studi Banding Pengadilan Negeri Malang ke Pengadilan Negeri Yogyakarta

on Jumat, 26 Februari 2021. Posted in Berita Terkini

Kunjungan Studi Banding Pengadilan Negeri Malang ke Pengadilan Negeri Yogyakarta

Jumat, tanggal 26 Februari 2021, perwakilan dari Pengadilan Negeri Malang melakukan studi banding ke Pengadilan Negeri Yogyakarta. Rombongan berjumlah 13 orang, yang mana rombongan ini terdiri dari Ketua Pengadilan Negeri Malang, Nuruli Mahdilis, S.H.,M.H., Wakil Ketua Pengadilan Negari Malang, Judi Prasetya, S.H.,M.H. Perwakilan Hakim Pengadilan Negeri Malang, Panitera Pengadilan Negeri Malang, serta beberapa Pejabat Struktural dan staf Pengadilan Negeri Malang.

Rombongan  ini tiba sekitar pukul 09.00 WIB dan diterima dan disambut hangat oleh Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dr. Frida Ariyani, S.H.,M.Hum. yang didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dr. Fahmiron, S.H.,M.Hum, Hakim Pengadilan Negeri Yogyakarta, Titik Budi Winarti, S.H.,M.H., Paniteran Pengadilan Negeri Yogyakarta Abdul Kadir Rumodar, S.H., dan Sekretaris Pengadilan Negeri Yogyakarta, Widodo Budi Santoso, S.H. Rombongan Pengadilan Negeri Malang datang dengan memperhatikan protokol Covid-19 dan menyerahkan hasil negatif Tes Swab Antigen yang masih berlaku.

Studi banding ini dimaksudkan untuk mengumpulkan dan berbagi informasi apa saja yang perlu diterapkan di Pengadilan Negeri Malang guna menuju Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) mengingat Pengadilan Negeri Yogyakarta juga sedang menuju Pembangunan Zona Integritas menuju WBBM . Pada studi banding ini, Pengadilan Negeri Malang juga mempelajari dan mengumpulkan informasi mengenai pelayanan dan sarana prasarana Pengadilan Negeri Yogykarta dalam menangani pengguna layanan prioritas. Pada kunjungan studi banding ini, Pengadilan Negeri Malang juga menyampaikan hal-hal apa saja yang sudah dilakukan dan hal-hal apa saja yang masih menjadi kendala di Pengadilan Negeri Malang.

Pada studi banding ini, Ketua Pengadilan Negeri Yogyakarta, Dr. Frida Ariyani, S.H.,M.Hum. menyampaikan bahwa untuk mewujudkan Zona Integritas pada Pengadilan harus ada suatu inovasi-inovasi dalam berbagai hal termasuk pada pelayanan public. Frida Ariyani juga menyampaikan untuk mencapai Pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani, diperlukan adanya memiliki rasa kesatuan dan kemauan tinggi untuk membangun Zona Integritas menuju WBBM pada semua Hakim dan seluruh pegawai Pengadilan serta menjalin Kerja sama yang baik antar pihak demi kemajuan Pengadilan.

Saat studi banding berlangsung, Frida Ariyani juga mengajak rombongan Pengadilan Negeri Malang untuk berkeliling melihat lingkungan Pengadilan Negeri Yogyakarta Kelas IA. Pada kunjungan studi banding ini diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara keluarga besar Pengadilan Negeri Malang dengan keluarga besar Pengadilan Negeri Yogyakarta.